Filosofi Beragam Tanaman

Jika ingin sejahtera harian, tanamlah sayur mayur. Jika ingin sejahtera mingguan, tanamlah pisang. Jika ingin sejahtera bulanan, tanamlah biji-bijian dan ubi. Jika ingin sejahtera tahunan, tanamlah tebu. Jika ingin sejahtera belasan dan puluhan tahun, tanamlah jati. Dan jika ingin sejahtera selamanya, dunia dan akhirat, tanamlah SDM.

Lingkungan Planet NUFO didesain untuk memenuhi seluruh kesejahteraan, mulai dari kesejahteraan harian sampai kesejahteraan abadi. Karena itu, di dalamnya terdapat berbagai tanaman yang telah disebutkan di atas. Ini secara langsung akan membuka wawasan peserta didik di Planet NUFO untuk mempersiapkan diri agar mampu menghadapi masa depan dengan benar dan selalu dalam optimisme tinggi. Sebab, dalam keseharian, mereka telah terbiasa dengan lingkungan yang memberikan pelajaran tentang itu.

Di Planet NUFO terdapat berbagai macam jenis sayur mayur, yaitu koro, ubi jalar, ubi kayu, sawi, kangkung, gingseng, dll.  Sayur mayur ini ditanam untuk memenuhi kebutuhan harian kepada makanan berserat tinggi. Koro, dengan kerangka yang dibuat sedemikian rupa, sekaligus digunakan sebagai tanaman pagar dan peneduh. Dalam jumlah yang cukup banyak, Planet NUFO tidak akan mengalami kekurangan sayuran koro, bahkan bisa dipastikan mengalami surplus, sehingga bisa dijual ke luar Planet NUFO, atau diberikan secara gratis kepada warga sekitar.

Demikian pula sayur mayur yang lain, di antaranya daun ubi kayu dan ubi jalar yang sekaligus bisa menghasilkan makanan sumber karbo hidrat. Selain itu, di Planet NUFO juga terdapat Ciplukan yang menurut berbagai sumber merupakan buah sangat berkhasiat tinggi dan karena itu bernilai juga sangat mahal. Buahnya, bisa dikonsumsi secara langsung oleh para penghuni Planet NUFO.

Pisang dikategorikan sebagai tanaman yang akan memenuhi kesejahteraan mingguan, karena setelah usia kira-kira enam bulan, akan beranak pinak. Karena itu, pemanenan pisang, setelah itu bisa dilakukan secara mingguan. Selain buahnya bisa sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, daunnya juga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan, di antaranya untuk tempat makan yang ramah lingkungan. Dan yang biasanya dibuang bahkan bisa digunakan untuk bahan makanan pokoh ternak kambing, kelinci, dan marmut, sehingga tidak menjadi sampah yang bisa menjadi masalah dan membutuhkan penanganan tersendiri.

Untuk memenuhi kebutuhan biji-bijian dan ubi, di Planet NUFO ditanam bunga matahari dan ubi kayu dan jalar. Bunga matahari, di samping menjadi tanaman hias, juga menghasilkan biji-bijian yang bisa diolah menjadi kuaci. Bunga matahari juga bisa digunakan sebagai sumber makanan lebah penghasil madu. Ubi jalar dan ubi kayu, sebagaimana telah disebutkan, juga merupakan penghasil daun/sayur.

Tebu merupakan tanaman asli di lahan Planet NUFO sebelum dibangun sebagai lingkungan pendidikan.  Tebu mengandung banyak sukrosa yang sangat diperlukan untuk menghasilkan energi. Mengonsumsi tebu secara langsung juga sangat bermanfaat untuk membersihkan dan menguatkan gigi. Para peserta didik di Planet NUFO juga bisa melihat lahan tebu yang terhampar sangat luas ratusan hektar di sekitar lingkungan Planet NUFO.

Setelah melihat semuanya itu, para peserta didik di Planet NUFO diajak untuk membangun kesadaran bahwa seluruh potensi tersebut akan sangat menguntungkan apabila dikelola oleh SDM-SDM yang unggul. Keunggulan SDM sangat diperlukan untuk mengelola seluruh potensi SDA secara super intensif, sehingga hasil yang bisa diupayakan menjadi berlipat-lipat.

Tidak hanya itu, SDM yang berkualitas, baik secara fisik, mental, maupun spiritual, akan menjadi sumber kesejahteraan tidak hanya di dunia, tetapi juga di akhirat. Sebab, SDM berkualitas itulah yang akan selalu mendo’akan orang-orang yang telah mendahului mereka kembali kepada Allah Swt..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *